Perlu pelatihan untuk anda atau perusahaan anda?

Cari Disini. Atau hubungi kami melalui SMS/CALL/WA: 0819.9793.1188

Keahlian Yang Harus Dimiliki Karyawan Untuk Lingkungan Kerja Yang Berkualitas

Banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi fresh graduate atau belum memiliki pengalaman kerja untuk bergabung bersama perusahaan menjadi pegawai. Namun bukan berarti perusahaan mencari pelamar dengan nol kemampuan baik hard skill maupun soft skill. Pelamar harus memiliki kualifikasi atau keahlian yang harus dimiliki karyawan agar bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan sebagai sumber daya manusia yang siap pakai. Tinggal nanti pegawai akan diberikan training-training untuk mengembangkan keahliannya. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki karyawan sebuah perusahaan.

Keahlian komputer

Keahlian yang harus dimiliki karyawan yang pertama adalah menguasai teknologi setidaknya menggunakan program komputer. Karena teknologi tidak bisa lagi dilepaskan dari kehidupan sehari-hari hingga untuk berbisnis. Kemampuan umum yang mesti dikuasai antara lain adalah Microsoft Office terutama MS Word, Excel, dan Power Point. Sedangkan untuk pekerjaan khusus, desain misalnya maka karyawan harus menguasai beberapa designing tools seperti Corel, Photoshop, SAI, dan sebagainya.

Kemampuan berkomunikasi

Seorang karyawan harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik untuk bisa mengutarakan pendapat, mengajukan usul, presentasi, berhubungan dengan klien, dan melapor kepada atasan. Keahlian yang harus dimiliki karyawan adalah cara bicara yang sopan dan santun namun tidak berbelit-belit, serta menunjukkan kepercayaan diri. Terutama untuk bagian customer service yang dituntut untuk bisa menjalin hubungan baik dan kepercayaan terhadap klien dan konsumen.

Kemampuan analisa

Dapat menganalisa data dan suatu isu dengan tepat adalah keahlian yang harus dimiliki karyawan. Masalah akan selalu muncul pada sebuah bisnis dan diperlukan kemampuan untuk menganailsa dan mencari jalan keluar serta kemampuan berpikir yang cepat dan tepat. Karyawan juga harus mampu mengolah data menjadi suatu narasi yang mudah disampaikan kepada anggota tim lain atau kepada atasan untuk digunakan sebagai bahan menyusun strategi agar goal perusahaan bisa tercapai. Untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas ini memang membutuhkan waktu dan pengalaman. Maka dari itu selama periode tertentu diterapkan pengembangan sumber daya manusia yang bisa dilakukan berupa training atau field trip yang mengandung tujuan agar pegawai semakin berkualitas.