Perlu pelatihan untuk anda atau perusahaan anda?

Cari Disini. Atau hubungi kami melalui SMS/CALL/WA: 0819.9793.1188

Kunci Sukses Mempersiapkan Mental Untuk Pensiun

Banyak orang yang belum siap dengan masa pensiunnya, ini bukan hanya mengenai dana tetapi juga siap secara mental. Untuk mempersiapkan masa pensiun maka anda harus melakukan fase berikut ini agar lebih siap menghadapi pensiun:

  1. Untuk menghadapi masa pensiun maka seseorang  harus mempersiapkan kondisi tubuhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan rutin maka anda mengetahui kondisi tubuh anda bahkan sebelum masa pensiun anda datang. Untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap stabil maka anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga yang anda sukai sehingga anda bisa melakukannya tanpa ada tekanan. Anda juga bisa menjaga pola makan anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.
  2. Selain kondisi tubuh, anda juga perlu mempersiapkan mental. Anda bisa membuat pola pikir anda berubah. Jika selama ini anda mengira bahwa pensiun adalah akhir dari segalanya maka anda harus mengubahnya karena masa pensiun adalah awal dari segalanya. Anda bisa menjadi lebih dekat dengan keluarga anda jika anda masuk ke masa pensiun ini. Anda bisa melakukan aktivitas yang tidak bisa anda lakukan saat anda bekerja. Dengan masuk masa pensiun maka anda mempunyai banyak waktu luang yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan.
  3. Anda juga harus memiliki pikiran yang positif, anda harus menyakinkan diri anda bahwa masa pensiun ini merupakan suatu hal yang harus ditanggapi dengan positif. Anda harus selalu optimis dalam menyikapi segala hal yang mungkin akan terjadi jika masa pensiun mulai datang kepada anda. Anda bisa menenangkan diri anda dengan banyak berdoa dan melakukan kegiatan keagaman sebelum menghadapi masa pensiun ini.
  4. Untuk mempunyai mental yang stabil saat pensiun, anda juga harus mempunyai keuangan yang stabil. Untuk itu, anda bisa mempersiapkan keuangan yang stabil sejak sebelum masa pensiun anda datang. Anda bisa menabung, investasi atau mengikuti asuransi yang akan berguna untuk masa pensiun anda nantinya.