Perlu pelatihan untuk anda atau perusahaan anda?

Cari Disini. Atau hubungi kami melalui SMS/CALL/WA: 0819.9793.1188

Training Improving Business Performance Through VSM-Based Lean Thinking

Date:

  • 14-15 January 2016
  • 11-12 February 2016
  • 14-15 March 2016
  • 11-12 April 2016
  • 11-12 May 2016
  • 9-10 June 2016
  • 11-12 July 2016
  • 11-12 August 2016
  • 8-9 September 2016
  • 6-7 October 2016
  • 10-11 November 2016
  • 8-9 December 2016

Venue:
Hotel Harris Tebet Jakarta

Tersedia program In-House Training. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Workshop Leader:
Desmon Ginting

Desmon Ginting telah berada di Dunia Kerja selama lebih dari 21 tahun. Di era tahun 90-an hingga akhir tahun 2000 berkecimpung di dunia Perbankan dan Pasar Modal. Sejak awal tahun 2001, terjun di arena Perubahan Perilaku danPeningkatan Produktivitas dengan fungsi utama sebagai Business Developer, Account Executive dan Liaison Officer. Peranan ini membawanya berinteraksi dan berkomunikasi dengan beragam kalangan dari berbagai organisasi dan industri, mulai dari manajemen puncak hingga manajemen lini pertama.

Beliau menyelesaikan pendidikan S1 (Ir.) Industrial Engineering di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1989. Kemudian, atas dasar beasiswa penuh yang diterima, Postgraduate Diploma in Banking pada tahun 1994 dan S2 (M.Tech.) Manufacturing and Industrial Technology di Massey University, New Zealand, pada tahun 1996. Sejak tahun 2011, beliau aktif sebagai Trainer & Coach.

Pendahuluan
Di tengah-tengah kompetisi yang semakin meningkat & globalisasi yang tak terhindarkan, tidak ada tujuan lain, jika ingin tetap exist, selain setiap perusahaan harus semakin kompetitif, produktif & efektif di dalam memenuhi ekspetasi pelanggan yang semakin meningkat!

Two-Days Workshop ini memberikan SOLUSI untuk mencapai tujuan tersebut.

LEAN THINKING & VALUE STREAM MAPPING

  • Do you have a Purpose to your organization?
  • Do you have PEOPLE in your organization?
  • Do you have PROCESSES that create some types of output or service in your organization?
  • Do you have PROBLEMS within your organization?

If you answer YES to all the above questions, you can then apply LEAN THINKING.
Lean Thinking berfokus kepada eliminasi pemborosan (waste) yang tidak perlu, sehingga semua proses di dalam sistem, baik itu lini produksi maupun lini pelayanan (service), menambahkan nilai (value) dari perspektif pelanggan.

Lean Thinking adalah seperangkat teknik yang, bila dikombinasikan & diutilisasikan secara optimal, akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi & menghilangkan tujuh pemborosan “TIMWOOD” (Transportation,Inventory, Motion, Waiting, Over Processing, Over Production, Defect). Sistem ini tidak hanya akan membuat perusahaan Anda menjadi lebih ramping, tetapi juga lebih fleksibel, kompetitif & responsif terhadap tuntutan pelanggan.

Ada lima prinsip Lean Thinking: Nilai (Value), Value Stream, Aliran (Flow), Tarik (Pull) dan Kesempurnaan (Perfection).

Sebagaimana didefinisikan oleh pelanggan, NILAI adalah “kemampuan yang diberikan kepada pelanggan pada waktu yang tepat & dengan harga yang tepat”. NILAI adalah titik awal penting untuk berpikir Lean dan hanya dapat didefinisikan oleh pelanggan akhir (end-customers).

VALUE STREAM MAPPING (VSM) didefinisikan sebagai himpunan semua aktivitas yang diperlukan, mulai dari konsep kemudian launching, mulai dari pemesanan lalu pengiriman, dan mulai dari bahan baku hingga produk atau jasa tiba di tangan pelanggan. Dengan kata lain, untuk membuat Value Stream, apa yang terjadi pada setiap langkah produk atau jasa dijabarkan. Ada 3 jenis aktivitas dalam Value Stream: Value Added, dan dua lainnya adalah “MUDA (kata dalam bahasa Jepang untuk pemborosan)”.

FLOW didefinisikan sebagai “pencapaian tugas (tasks) secara progresif sepanjangValue Stream, sehingga produk atau jasa – mulai dari desain ke launching, pemesanan lalu pengiriman, dari bahan baku hingga tiba di tangan pelanggan -mengalir tanpa hambatan atau gangguan.

Tarik (PULL) didefinisikan sebagai “sistem cascading produksi & pengiriman berdasarkan instruksi dari hilir ke hulu, di mana tidak ada yang diproduksi oleh pemasok hulu, sebelum adanya sinyal kebutuhan dari pelanggan hilir.

Prinsip Lean kelima dan terakhir adalah KESEMPURNAAN dan ini didefinisikan sebagai “penghapusan sepenuhnya” MUDA, sehingga semua aktivitas, sepanjangValue Stream, menciptakan nilai! Prinsip kelima ini menjadikan Lean Thinking merupakan proses yang berkesinambungan tanpa akhir.

Two-days Workshop Subject to be Discussed:

  1. Full Exercise of Value Stream Mapping (on A3 papers using pencils & erasers)
  2. Basics of LEAN
  3. Definition & Consequence of WASTE
  4. Identification of TIMWOOD
  5. Value Added & Non-Value Added (VA & NVA)
  6. VA & NVA Exercises
  7. Lean Tools
  8. TAKT TIME, Cellular Cells, Just-in-Time
  9. Push & Pull Systems
  10. Supermarket & KANBAN
  11. Standarized Operations
  12. KAIZEN

Investment Fee
Rp.4,500,000,
Rp.8,100,000, Registrasi 2 Peserta (Excluding PPN)

Including: 
Course Material: hard copy, soft copy & flash disc, Free Wi-Fi, Certificate, Lunch & Coffee Break, Souvenir & Door Prize