Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia DIREKTORI TRAINING INDONESIA

Perlu pelatihan untuk anda atau perusahaan anda?

Cari Disini. Atau hubungi kami melalui SMS/CALL/WA: 0819.9793.1188

Strategi Menghadapi Masa Pensiun

Untuk menghadapi masa pensiun maka anda harus mempunyai strategi yang baik. Anda bisa menyiapkan strategi ini beberapa tahun sebelum anda masuk ke masa pensiun. Setiap pekerja pasti akan menghadapi masa pensiun, jika tidak mempunyai strategi yang baik maka anda kesusahan saat menghadapi masa pensiun. Berikut strategi yang bisa anda lakukan untuk menghadapi masa pensiun:

  1. Anda bisa merencanakan masa pensiun anda sejak beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum masa pensiun anda. Anda bisa menuliskan rencana ini di komputer atau di buku anda. Anda bisa mentargetkan keperluan anda setiap bulannya jika anda mempunyai gaji sebesar 3 juta dalam sebulan maka setidaknya saat anda pensiun, anda juga harus mempunyai uang 3 juta dalam sebulan. Untuk itu, anda bisa membuat rencana ini mulai dari sekarang sehingga anda bisa melakukan investasi atau menabung sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan ketika anda pensiun.
  2. Anda bisa menggunakan masa pensiun anda dengan sebaik-baiknya. Anda sebaiknya tidak menghabiskan masa pensiun anda untuk melakukan hal-hal yang tidak anda butuhkan. Anda bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi masa pensiun anda ini. Dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bukan hanya untuk anda tetapi juga untuk orang lain maka masa pensiun anda akan lebih menyenangkan dan meninggalkan kesan yang baik bagi anda.
  3. Untuk menghadapi masa pensiun maka anda sebaiknya berhemat saat anda masih bekerja. Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk kegiatan yang tidak anda perlukan. Dengan anda berhemat maka anda akan mempunyai banyak tabungan dan membuat keuangan anda menjadi stabil saat masa pensiun anda nantinya. Anda bisa menyimpan uang anda bukan hanya di bank tetapi berbagai investasi lainnya. Anda bisa ikut bergabung dengan reksadana karena akan membuat keuangan anda bertambah seiring dengan bunga yang diberikan setiap tahunnya. Semua investasi beresiko, oleh karena itu anda harus memilih investasi yang terbaik sehingga anda bisa mempunyai keuangan yang stabil saat masa pensiun mulai datang ke kehidupan anda.